Bir Dapat Mencegah Osteoporosis



Tahukah anda bahwa bir adalah minuman yang tidak hanya nikmat namun juga mengandung banyak nutrisi? Baru-baru ini diketahui bir ternyata banyak mengandung silikon, mineral yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi osteoporosis alias kerapuhan tulang yang selama ini banyak dialami oleh wanita yang mulai menginjak usia lanjut.

Penelitian mengenai bir, silicon, dan osteoporosis ini dipublikasikan oleh Profesor Charles Bamforth, seorang ahli teknologi pangan dari the University of California dalam penelitiannya yang dipublikasikan di `Journal of the Science of Food and Agriculture` pada awal tahun 2010 yang lalu. Pada penelitian tersebut Profesor Bamforth telah meneliti 100 bir komersial yang beredar di pasaran dan menemukan bahwa rata - rata kadar silikon di dalam bir tersebut cukup tinggi, bahkan ada yang mencapai 56.5 miligram per liter.

Dari hasil penelitian ini, ternyata sangat berbanding terbalik dengan mitos yang terjadi di masyarakat bahwa bir justru dapat mengurangi kekuatan tulang. Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi Bir Bintang karena isu osteoporosis, para ahli sudah membuktikan sebaliknya kok, bir justru meningkatkan kesehatan tulang.